tobielblog

Manfaat Bawang Putih Tunggal Lanang Bagi Kesehatan

Advertisements

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan – Kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bawang putih yang biasanya kita dapati di dapur tempat tinggal kita. Bawang putih juga sering dijadikan bumbu masakan dan sebagai penyedap rasa.

Lalu apa perbedaan bawang putih biasa dengan bawang putih tunggal? Yaitu terletak pada jumlah siungnya. Bawang putih biasa memiliki jumlah siungnya banyak dan sedangkan bawang putih tunggal hanya memiliki 1 siung saja. Warna bawang putih tunggal juga lebih putih daripada bawang putih biasa.

Semua jenis bawang putih, termasuk bawang putih tunggal dikenal sebagai bahan alami yang mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan dan kecantikan wajah kita. Walaupun bawang putih mempunyai bau yang umumnya orang tidak menyukainya, nyatanya bawang putih mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Dikarenakan baunya ini juga mengakibatkan banyak orang kurang senang mengkonsumsinya.

Bawang putih memiliki kandungan asam amino yang sehat serta konstituen allicin, yaitu bagian dari asam amino yang berguna bagi kesehatan. Bawang putih sendiri memiliki kandungan mineral zinc, selenium, germanium, magnesium dan zat besi, vitamin A serta vitamin C dan senyawa sulfur yang berguna untuk membuang logam serta racun di hati untuk dikeluarkan.

Di bawah ini beberapa khasiat dan manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan.

  1. Kesehatan jantung

Pakar gizi dan diet meyakini bahwa bawang putih bisa menurunkan kandungan homosistein ( asam amino ) di dalam darah yang tidak bagus untuk kesehatan jantung. Bawang putih juga bisa mengurangi bertumpuknya plak beresiko pada dinding arteri.

  1. Kesehatan darah

– Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang putih bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan menambah kandungan hidrogen sulfida di dalam darah.

– Senyawa sulfur di dalam bawang putih dapat mengurangi zat lemak pada darah, menopang dan mengatur tekanan darah dan membantu untuk mengetahui gejala hipertensi.

– Senyawa belerang di dalam bawang putih, khususnya ajoene bisa mencegah menggumpalnya darah.

– Bawang putih kerap dipakai sebagai pengencer darah untuk meningkatkan sirkulasi dan menghindari penggumpalan darah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih dapat merangsang kegiatan sel darah putih yang bisa menghindari infeksi dan penyakit. Bawang putih bisa menambah kerja hati saat melawan radikal bebas.

  1. Menstabilkan gula darah

Sebuah studi memperlihatkan bahwa bawang putih mempunyai kekuatan untuk menigkatkan kandungan insulin di dalam darah dan menstabilkan gula darah.

  1. Antioksidan

Antioksidan yang dikandung bawang putih membuat perlindungan sel dari radikal bebas dan menghalangi perkembangan kanker.

  1. Menurunkan kolesterol

bawang putih mempunyai fungsi penting saat menurunkan kandungan kolesterol di dalam darah.

  1. Hubungan Intim

Bawang putih konon dapat melindungi kandungan testoteron pada pria dan bisa menambah libido pada pria dan wanita.

  1. Untuk Wajah

Bawang putih tunggal memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk menghaluskan kulit wajah dan menunda penuaan dini, sehingga wajah akan tampak mulus dan awet muda.

  1. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan pada bawang putih juga mampu mengatasi masalah rambut rontok. Cara pemakaiannya cukup menghaluskan bawang putih dengan cara ditumbuk lalu dioleskan secara merata ke seluruh rambut seraya dipijit-pijit. Terakhir keramas sampai bersih.

Di samping banyak kegunaan dan faedah dari bawang putih, perlu di perhatikan juga dampak dari mengkonsumsinya. Bawang putih bisa mengencerkan darah alami dan menghalangi pembekuan darah. Jadi untuk mereka yang mempunyai masalah dengan darah, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih tunggal.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Banyak orang yang tidak senang mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan karena rempah-rempah ini menimbulkan efek samping terhadap tubuh kita. Namun jika pemakaiannya dalam dosis yang tepat dan tidak berlebihan maka itu bisa diatasi dengan mudah. Dilansir dari situs Madasilia.com, ini beberapa efek samping bawang putih tunggal :

Pertama, makan bawang putih tunggal dapat menyebabkan bau badan dan bau mulut. Untuk mengatasi masalah bau mulut ini bisa dengan sikat gigi dan berkumur-kumur. Namun, khusus masalah bau badan ini memang sulit mengatasinya. Cara terbaik yaitu dengan berhenti mengkonsumi bawang putih tunggal.

Masalah berikutnya adalah alergi dan bermasalah pada pencernaan. Ini akan dialami oleh para pengguna yang memang memiliki riwayat penyakit alergi seperti gatal-gatal, sakit perut, mencret dan muntah-muntah, dll. Jika semua ini terjadi pada anda maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari bawang putih tunggal bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Sebagai manusia yang bijak tentunya kita tidak akan berlebihan mengkonsumsinya karena apapun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping negatif.

Advertisements