tobielblog

Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Diabetes

Advertisements

Faktor gaya hidup dan perilaku sehari-hari sangatlah berperan penting untuk mencegah agar tidak terkena penyakit diabetes. Seperti pola makan tidak sehat, jarang olahraga, merokok, mengkonsumsi alkohol, kurang tidur dan yang lainnya. Ini sangat besar pengaruhnya agar kita bisa hidup sehat supaya terhindar dari penyakit mematikan nomor 3 di dunia ini.

Akhir-akhir ini penyakit diabetes ini bukan hanya menyerang para orang yang sudah berusia lanjut saja, namun para remaja di usia muda juga sudah banyak yang terkena gejala pra-diabetes. Ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat yang sudah mulai digandrungi oleh kawula muda. Jadi sedini mungkin Anda harus memperhatikan tips dan cara mencegah agar tidak terkena penyakit diabetes atau kencing manis ini supaya nanti di masa tua bisa nyaman hidup sehat dan tenang.

Jenis Diabetes Mellitus

Ada 3 jenis diabetes melitus yang biasa menyerang manusia. Yang pertama adalah diabetes melitus tipe 1 dan ini biasanya dialami oleh anak muda di usia 12 sampai 19 tahun. Dari sekian banyak penyakit diabetes, tipe 1 ini hanya berjumlah 10% saja. Cara pengobatan diabetes tipe 1 ini sangat sulit dan bahkan tak jarang yang berakhir dengan kematian.

Yang kedua adalah diabetes melitus tipe 2 dan sekitar 90% yang mengalaminya. Tipe ini biasanya menyerang para orang tua di usia 45 tahun keatas. Namun diabetes tipe 2 ini lebih mudah pencegahan dan pengobatannya. Penyebab utama diabetes tipe 2 adalah kegemukan atau obesitas. Tipe diabetes yang terakhir adalah sering dialami oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Diabetes

Sebelum diabetes menyerang tubuh anda maka sebaiknya lakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat. Ini beberapa tips cara mencegah agar tidak terkena penyakit diabetes mellitus :

  1. Menjaga Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi faktor penyebab diabetes. Kegemukan memungkinkan seseorang terkena penyakit diabetes hingga 40 kali dibandingkan orang yang memiliki berat badan yang ideal.

  1. Lakukan Aktifitas Fisik

Jangan terlalu sering berada di depan komputer atau di belakang meja kerja. Setidaknya lakukan aktifitas yang lain yang dapat mengeluarkan keringat supaya lemak di dalam tubuh bisa terbakar habis. Intinya jangan terlalu sering diam, seperti menonton televisi dalam waktu yang lama. Ini juga menyebabkan fisik jarang bergerak dan memungkinkan terjangkit penyakit diabetes.

  1. Pola Makan Sehat

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan berminyak karena itu juga menjadi faktor penyebab diabetes mellitus. Perbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan seperti bayam, acaiberry, brokoli dan yang lainnya. Jangan terlalu sering membeli makanan junk food atau fast food karena itu banyak mengandung kimia seperti pengawet, perasa, pemanis dan yang lainnya.

  1. Hindari Minuman Manis

Minuman bersoda atau yang mengandung gula juga dapat meningkatkan gula darah sehingga memicu penyakit diabetes. Sebaiknya perbanyak meminum air putih karena di dalam air putih banyak mengandung mineral yang dapat menyehatkan tubuh.

  1. Jalani Hidup Sehat

Menurut Madasilia.com kurang tidur juga dapat menimbulkan diabetes. Hindari juga minum alkohol dan rokok. Sebaiknya atur waktu pola hidup Anda sebaik mungkin supaya semua bisa berjalan dengan lancar dan diabetes tidak berani menyerang tubuh Anda.

  1. Tidur Yang Cukup

Tubuh membutuhkan istirahat setiap hari 6 sampai 8 jam. Ini untuk memulihkan energi dan juga membersihkan toksin dan racun jahat yang berada di dalam tubuh. Saat waktu tidur tubuh akan bekerja dengan maksimal mengganti sel yang telah mati dengan meregenerasi dengan sel yang masih baru dan sehat.

  1. Hindari Stres

Agar pikiran tidak terhinggapi stres yang berkepanjangan maka lakukan yoga, relaksasi, refreshing dan latihan pernafasan secara rutin. Untuk mengatasi stres maka setidaknya lakukan 1 kali dalam satu minggu. Ini untuk membuat pikiran kita tetap segar dan dapat menghadapi masalah tidak diambil pusing. Stres pun tidak akan mengganggu kita.

Itulah beberapa cara agar tidak terkena penyakit diabetes di usia muda. Lakukan yang baik dan hindari pola hidup yang tidak baik. Rajinlah memeriksa kadar gula darah ke dokter spesialis agar Anda bisa mengetahui penyebab diabetes tersebut. Jika sudah tau penyebabnya maka diabetes akan mudah ditanggulangi.

Advertisements