tobielblog

Menu Diet Nasi Merah Bikin Langsing

Advertisements

Beras merah merupakan jenis beras yang rasanya kurang lezat di lidah. Bila dibandingkan dengan beras putih biasa, beras merah tergolong kurang diminati oleh kebanyakan orang. Dan bahkan ada anggapan bahwa beras merah itu makanan orang fakir miskin karena rasanya yang tidak pulen.

Namun berbeda bagi orang yang sedang menjalankan program diet sehat. Nasi beras merah menjadi idola karena bisa menggantikan beras putih biasa. Jadi para pejuang diet tidak harus ekstrim tidak makan nasi, karena beras merah bisa menjadi solusi agar tubuh tetap mendapatan asupan makanan untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Menu diet nasi merah diyakini sangat ampuh menurunkan berat badan karena beras merah kaya akan serat dan juga rendah kalori. Orang yang mengkonsumsi nasi beras merah akan tidak mudah lapar dan rasa kenyangnya bisa bertahan cukup lama. Serat yang tinggi ini disebabkan karena beras merah tidak melalui proses penggilingan. Jadi masih terdapat kulit air pada beras merah.

Berbeda dengan nasi dari beras putih biasa yang melalui proses penggilingan sehingga seratnya juga ikut menghilang. Dan juga beras putih terlalu banyak mengandung gula yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, biasanya para penderita diabetes disarankan mengganti beras putih menjadi beras merah.

Menu Diet Nasi Merah

Mengkonsumsi nasi merah untuk diet, Anda bisa memakannya 3 kali seperti biasanya. Yaitu pada pagi hari, siang hari dan malam hari. Gunakan lauk-pauk yang berbeda-beda supaya dapat menggugah selera.

1. Sarapan Pagi

Untuk melakukan aktifitas seharian, maka sarapan sangat penting bagi tubuh agar bisa menghasilkan energi. Dengan makan pagi nasi merah maka diet tubuh akan berjalan dengan lancar dan maksimal. Menu diet nasi merah di pagi hari ini bisa anda tambahkan lauk tahu, tempe, telur rebus, dada ayam dan minuman jus.

2. Makan Siang

Untuk menu diet makan siang, maka anda bisa mengkonsumsi nasi merah satu centong (10 suapan). Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral pada nasi merah menjadi nutrisi yang menyehatkan tubuh serta berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menggunakan lauk ikan bakar atau ikan yang diasapi. Tutup makan siang anda dengan buah yang segar seperti apel dan buah jeruk.

3. Makan Malam

Untuk menu diet nasi merah malam hari, maka sebaiknya gunakan lauk yang banyak mengandung protein karena ini berfungsi untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh dan juga membersihkan toksin dan racun jahat di dalam tubuh. Pakailah lauk telur rebus dan aneka ragam sayuran lalapan. Setelah itu anda bisa mengkonsumsi jus anggur merah atau jus tomat.

Alasan Kenapa Beras Merah Sangat Cocok Untuk Diet

1. Karbohidrat

Beras merah kaya akan karbohidrat yang ini berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Kandungan karbohidrat ini juga berkhasiat untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga berat badan akan turun secara maksimal.

2. Serat

Serat ini sangat baik bagi pencernaan dan membantu mengatur kadar gula dalam darah. Dengan serat yang tinggi maka mengkonsumsi beras merah akan merasakan kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan beras putih biasa. Itulah sebabnya nasi merah sangat efektif untuk diet sehat.

3. Vitamin B

Kandungan vitamin B dalam nasi beras merah sangat baik bagi tubuh. Ini berfungsi untuk menangkan berbagai resiko terkena penyakit kronis. Proses metabolisme di dalam tubuh juga akan bekerja secara lancar.

4. Magnesium

Magnesium memiliki peran yang penting untuk membentuk otot yang berasal dari gula darah. Pada proses metabolisme tubuh, magnesium ini berfungsi untuk pemecahan asam amino dan asam lemak supaya tidak bertumpuk di dalam tubuh.

5. Kalsium

Salah satu artikel dalam www.madasilia.com menyebutkan bahwa tubuh yang kekurangan kalsium akan mengakibatkan tulang keropos (osteoporosis). Peran magnesium disini adalah untuk memelihara tulang agar kuat. Jadi meskipun kita dalam proses melakukan diet, tulang akan tetap terawat dengan baik agar terus sehat.

6. Kalium

Kandungan kalium dalam beras merah ini berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan juga berperan penting untuk kesehatan tulang. Fungsi sistem saraf juga akan bekerja dengan maksimal jika asupan kalium pada tubuh tercukupi.

Itulah alasan mengapa kita harus memperhatikan menu diet nasi merah yang cocok dijadikan pengganti nasi putih biasa. Selain itu, manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak.

Advertisements