Tips Diet Sehat Sesuai Anjuran Dokter

tips diet sehat sesuai anjuran dokterHampir semua wanita menginginkan bentuk tubuh yang proporsional dan ideal. Ketika kaum hawa melakukan timbang berat badan dan diketahui berat badannya bertambah maka kegalauan akan menghantuinya.

Sebab menurut pandangan mereka, dengan bentuk tubuh yang ideal dan langsing maka itu merupakan kunci utama agar penampilan bisa menawan.

Tidak sedikit yang menjalankan program diet yang terlalu memaksa untuk mendapatkan tubuh proporsional. Biasanya mereka melakukan diet ketat dengan menahan makan ketika lapar melanda. Padahal tindakan seperti ini justru tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Lalu bagaimanakah sebenarnya cara melakukan diet yang baik dan benar agar tidak mengganggu pada kesehatan tubuh? Yuk simak di bawah ini tips diet aman yang sesuai dengan ajuran dokter dan para pakar kesehatan.

Tips Melakukan Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Buat target yang wajah saja

Agar kita bersemangat saat menjalankan program diet maka tetapkan target yang ingin kita capai. Jangan membuat targer yang terlalu muluk sebab jika tidak tercapai maka akan putus asa.

Buatlah target untuk menurunkan berat badan di bawah 5 kg terlebih dahulu dalam waktu beberapa pekan. Ini bertujuan agar tubuh tidak kaget saat sedang menjalankan program diet tersebut.

  1. Lakukan pergerakan yang aktif

Jika memang sudah berniat untuk melakukan penurunan berat badan maka jangan hanya diam saja. Dengan hanya berkhayal maka tidak mungkin berat badan akan turun menjadi ideal. Harus dilakukan beberapa langkah, seperti berolahraga.

Agar diet berjalan dengan efektif maka lakukan program senam dan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari. Ini berfungsi untuk mengurangi lipatan lemak yang terdapat di dalama tubuh. Contohnya seperti lari kecil, push up, sit up dan yang lainnya.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih merupakan minuman yang sangat menyehatkan tubuh. Di dalam air putih terdapat banyak sekali kandungannya, seperti kaya akan mineral. Orang yang sedang menjalankan diet sangat disarankan mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari.

Mengonsumsi air putih secara cukup merupakan cara diet yang baik dan benar. Ini berfungsi untuk menghidrasi tubuh agar tidak kekeringan. Dengan banyak minum air putih maka Anda tidak perlu khawatir akan meningkat berat badannya.

  1. Konsumsi makanan penghancur lemak

Saat sedang menjalan progam diet menurunkan berat badan maka makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan agar program diet tersebut bisa berjalan dengan lancar. Pilihlah jenis makanan yang dapat membantu mensukseskan diet Anda.

Cari makanan yang dapat membakar lemak di dalam tubuh, seperti buah jenis berry, telur, yogurt, teh hijau dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Manfaat dari karbohidrat kompleks disini adalah untuk kekuatan tubuh. Setiap harinya tubuh akan melakukan aktifitas yang berat dan tentunya itu membutuhkan energi yang cukup. Untuk mendapatkan energi tersebut maka konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks.

Jenis makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks ini cukup bagus untuk sistem pencernaan. Selain itu, makanan ini juga akan membuat perut akan merasa kenyang dengan waktu yang lebih lama.

Seperti contoh, beras merah, gandum dan kacang-kacangan. Jadi mulai sekarang anda bisa mengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan nasi beras merah. Jenis makanan ini juga kaya akan serat yang baik untuk diet sehat.

  1. Mengatur pola makan dengan baik

Selain harus pintar memilih jenis makanan yang akan kita konsumsi setiap hari, waktu makan juga sangat penting diperhatikan. Seperti misalnya kita tidak diperbolehkan lagi makan diatas jam 6 sore. Ini berfungsi agar lemak tidak menumpuk di dalam tubuh.

Jumlah porsi makan yang kita makan juga jangan terlalu banyak. Sebaiknya makan berkali-kali tapi dengan porsi yang sedikit saja.

  1. Hindari konsumsi gula berlebihan

Cara diet yang tepat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula. Ini disebabkan gula mudah menyerap ke dalam aliran darah sehingga akan meningkatkan nafsu makan. Seperti contoh menghindari minuman bersoda dan yang lainnya.

Konsumsi gula yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit yang mengancam tubuh.

Itulah beberapa cara diet yang baik dan benar agar program diet Anda berhasil. Dan yang terpenting adalah diet tersebut tidak mengganggu kesehatan tubuh kita. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s