cara mengobati jantung

Cara Mengobati Jantung Dengan Daun Kelor

Salah satu cara pengobatan alternatif untuk mengobati jantung adalah dengan menggunakan daun kelor. Penyakit jantung hingga saat ini merupakan jenis penyakit yang paling berbahaya di dunia. Sudah banyak para pasien yang meninggal karena sakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.

Pengobatan penyakit jantung secara medis membutuhkan biaya yang sangat besar. Sehingga tidaklah heran jika banyak orang yang mencari obat alternatif dengan biaya yang lebih terjangkau untuk penyembuhan jantung dibandingkan menggunakan obat jantung yang dibeli di apotik.

Pengobatan alternatif penyakit jantung yang berkembang di masyarakat sangatlah banyak sekali. Rata-rata bahan yang digunakan adalah bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang terdapat di sekitar rumah kita. Nah, salah satu tumbuhan alami yang sampai saat ini masih terus digali manfaatnya untuk mengobati jantung adalah daun kelor.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Pemicu utama timbulnya sakit jantung ini dikarenakan adanya timbunan lemak di dalam arteroma dan dalam ilmu kesehatan disebut aterosklerosis. Di dalam arteri tersebut terdapat kolesterol dan beberapa bahan buangan lainnya.

Inilah yang dapat memicu penggumpalan darah sehingga aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Dan hal ini yang memicu resiko serangan jantung semakin meningkat.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada Daun Kelor

Menurut WHO (organisasi kesehatan dunia), tanaman kelor ini disebut sebagai tanaman ajaib sebab didalamnya terdapat kandungan nutrisi dan beragam jenis antioksidan yang jumlah mencapai 46 macam. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi dunia kesehatan. Diantaran kandungan yang terdapat di dalam daun kelor adalah :

  • Antioksidan, yang fungsinya sebagai penangkal radikal bebas untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan. Semua jenis racun yang terdapat di dalam tubuh juga dibersihkan dengan senyawa antioksidan ini.
  • Beberapa jenis vitamin B, seperti vitamin B12, B6 dan folat yang fungsinya untuk menghilangkan homosistein di dalam darah. Sebab jika kadar homosistein ini terlalu tinggi maka dapat merusak arteri. Selain itu, kadar kolesterol jahat juga dapat diturunkan dengan vitamin B3.
  • Glikosida, menjadikan detak jantung menjadi normal sehingga aliran darah juga akan semakin lancar.

Cara Pengolahan Daun Kelor Untuk Mengobati Jantung

Agar khasiat yang terkandung di dalam daun kelor ini bisa berfungsi secara optimal, maka Anda harus mengolah daun kelor dengan benar. Caranya sangatlah mudah. Berikut beberapa cara mengolah daun kelor sebagai pengobatan jantung.

1. Tahapan Pencucian

Siapkan beberapa tangkai daun kelor dan cuci hingga bersih dengan air. Setelah benar-benar bersih, maka pisahkan daun dari  tangkainya. Pilihlah daun yang sudah cukup tua dan buang daun yang berwarna kuning. Penyortiran ini sangat penting dilakukan supaya manfaatnya bisa optimal.

2. Pengeringan

Cara pengeringan bisa Anda lakukan dengan dijemur pada sinar matahari. Tapi cara ini tidak disarankan. Para pakar kesehatan lebih mengutamakan cara pengeringan dengan diangin-anginkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena panas sinar matahari.

Ketebalan daun kelor saat proses pengeringan ini juga harus diperhatikan, yaitu ketebalan maksimal 2 cm saja agar daun cepat mengering. Bolak balik daun kelor agar bisa kering sempurna secara keseluruhan. Proses pengeringan ini bisa berjalan 1-2 minggu.

3. Penumbukan

Tahapan berikutnya adalah dihaluskan dengan penggilingan atau Anda bisa menggunakan blender. Ini untuk mendapatkan daun kelor yang halus seperti bubuk dan nantinya akan dijadikan minuman teh.

Dan katanya, manfaat teh daun kelor ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dikonsumsi sebagai sayuran. Oleh karena itu, tahapan-tahapan diatas harus dipatuhi dengan benar.

4. Cara membuat teh daun kelor

Silahkan ambil 1 sendok bubuk daun kelor kering dan seduh dengan segelas air panas. Setelah warna air berubah seperti teh, saring agar ampasnya terpisah. Dan konsumsi teh daun kelor tersebut dalam keadaan masih hangat.

Khasiat teh daun kelor untuk kesehatan jantung ini akan terasa jika kita mengkonsumsinya setiap hari secara rutin dan teratur. Ada pakar yang mengatakan bahwa dosis paling tepat untuk pengobatan penyakit jantung dengan teh daun kelor adalah 100 gram per hari.

Tentunya setelah Anda mengetahui cara mengobati sakit jantung dengan daun kelor ini merupakan hal yang menggembirakan. Karena mengingat biaya berobat ke dokter atau ke rumah sakit saat ini sangatlah mahal. Dengan pengobatan alternatif seperti ini maka biaya yang kita keluarkan cukup terjangkau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s