makanan untuk penderita diabetes

Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Para penderita penyakit diabetes atau kencing manis diharuskan agar bisa mengatur pola makan dengan baik agar sakit diabetes yang diderita tidak semakin parah. Selain mengatur pola makan, hal penting lainnya adalah tentang jenis makanan yang akan dikonsumsi harus benar-benar dipilih secara selektif.

Penderita diabetes diharuskan berhati-hati menjaga kadar gula dalam darah agar tidak meningkat. Salah satu cara mengatasinya adalah memilih daftar makanan yang baik untuk meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh. Pilihlah daftar makanan yang berkhasiat untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes

Berikut di bawah ini daftar makanan yang disarankan bagi penderita diabetes, diantaranya adalah :

  1. Bayam

Ini adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi penderita kencing manis. Di negara Inggris pernah melakukan suatu penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi sayur bayam dan jenis sayuran hijau lainnya akan mengurangi resiko terkena diabetes.

Alasannya adalah di dalam sayur bayam terdapat kandungan seperti asam folat, vitamin K, potasium, lutein, fosfor, seng, magnesium, flavonoid dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua kandungan senyawa yang telah disebutkan diatas berkhasiat untuk menurunkan kadar glukosa yang terdapat di dalam tubuh.

  1. Brokoli

Makanan untuk penderita diabetes yang berikutnya adalah brokoli. Di dalam brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang dapat melindungi pembuluh dari dari ancaman kerusakan. Senyawa ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, menstabilkan kadar gula darah dan berfungsi sebagai pembuang racun dalam tubuh. Brokoli juga mengandung kromium yang dapat meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh.

  1. Minyak Zaitun

Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin maka akan menurunkan resiko terkena diabetes sebanyak 50 persen. Minyak zaitun juga dapat dijadikan makanan diet sehat untuk menyusutkan kadar lemak di dalam tubuh.

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan lemak tak jenuh yang berperan penting untuk menurunkan kadar lippoprotein. Senyawa ini yang dapat mengakibatkan kegemukan dan bertumpuknya lemak jahat di dalam tubuh yang menjadi pemicu timbulnya sakit diabetes.

  1. Tomat

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah tomat dapat meminimalisir terjadinya penggumpalan darah pemicu diabetes. Biasanya penggumpalan darah ini juga dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung koroner. Kandungan likopen dan lutein dalam tomat sangat baik untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

  1. Oatmeal

Makanan yang satu ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa diet. Oatmeal juga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Didalamnya terdapat kandungan serat yang sangat tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Di dalam oatmeal juga mengandung magnesium yang dapat membantu mengendalikan sekresi insulin dan glukosa dalam tubuh. Indeks glikemik dalam oatmeal juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan makanan lainnya.

  1. Beras Merah

Sebaiknya penderita diabetes tidak mengkonsumsi beras putih karena kadar gula di dalam nasi putih sangat tinggil. Gantilah beras putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari dengan nasi beras merah. Serat dalam beras sangat tinggi sehingga proses penyerapannya sangat lambat. Manfaatnya adalah dapat mengatur kadar gula dalam darah agar tetap stabil dan seimbang.

  1. Ubi Jalar

Manfaat utama dari ubi jalar adalah mempercepat proses glukosa dalam darah. Tidak hanya itu, tapi ubi jalar juga memiliki kandungan antosianin yang bersifat anti peradangan, anti mikroba dan anti virus.

  1. Kunyit

Senyawa curcumin dalam kunyit dapat mengatur sistem metabolisme dalam tubuh dengan baik. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi masalah resistensi insulin, menurunkan kadar kolesterol jahat, menstabilkan gula darah dan mengatasi segala jenis penyakit yang diakibatkan oleh obesistas.

  1. Kacang Kenari

Kacang kenari atau walnut memiliki sifat anti kanker, antioksidan serta dapat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan. Dari sebuah hasil riset di Yale Univesity menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang kenari setiap hari dapat membuat pembuluh darah jadi semakin baik.

  1. Ikan

Di dalam ikan terdapat kandungan omega 3 dan juga kaya akan protein. Kegunaan omega 3 ini adalah untuk mengurangi peradangan akibat diabetes.

Itulah sedikit informasi tentang makanan untuk penderita diabetes yang menyehatkan dan membantu proses penyembuhannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s