Penyebab Gatal Pada Kulit Tubuh

Mengalami gatal-gatal pada kulit (pruritus) merupakan suatu kondisi umam yang sering dialami oleh banyak orang. Namun harus bisa membedakan mana gatal yang biasa dan mana gatal yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Bisa jadi gatal yang anda rasakan terindikasi oleh suatu penyakit tertentu.

Gatal yang ditandai dengan ruam dan berwarna kemerahan bisa saja Anda alami. Ini sebabkan oleh alergi. Biasanya gatal tersebut disebabkan oleh beberapa makanan yang ditolak oleh kulit. Dan gatal yang bukan karena alergi biasanya tidak muncul ruam.

Jika gatal tersebut semakin serius maka bisa jadi gatal tersebut termasuk penyakit kulit. Maka perlu penanganan yang efektif agar gatal yang Anda rasakan bisa reda dengan secepatnya. Ada langkah-langkah tertentu yang harus Anda ambil supaya rasa gatal tersebut tidak mengganggu aktifitas Anda.

Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit Tubuh

Agar lebih jelas, berikut kami akan sajikan beberapa penyebab yang menjadikan Anda merasakan gatal-gatal. Diantaranya adalah :

1. Mengalami penyakit kulit tertentu

  • Penyakit dermatitis kontak. Ini adalah jenis penyakit yang penderitanya akan mengalami gatal yang aman sangat, berwarna merah, terjadi peradangan dan mengalami iritasi tertentu. Diantara penyebabnya adalah bahan-bahan kimia, sabun, kosmetik dan yang lainnya.
  • Penyakit psoriasis. Ciri dari penyakit psoriasis adalah kulit yang mengalami gatal akan berkerak serta mengeluarkan bintik-bintik merah. Psoriasis ini terkadang timbul di area kulit kepala.
  • Penyakit kudis. Rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit kudis biasanya menyerang pada malam hari. Kulit akan sangat gatal dan memerah.
  • Penyakit kurap. Ciri dari kurap adalah kulit timbul tanda seperti cincin yang berbentuk lingkaran dan berair.
  • Penyakit panu. Tanda dari panu adalah terdapat noda putih pada kulit. Bila tubuh berkeringat maka panu ini akan mengalami gatal.
  • Penyakit eksim ini biasanya terasa panas seperti melepuh dan bersisik. Eksim ini dipicu oleh alergi tertentu.
  • Penyakit jenis ini akan mengalami benjol-benjol dan berwarna kemerahan serta terasa gatal dan perih.
  • Tandanya adalah kulit meradang, berisi nanah, gatal dan terasa sangat nyeri.
  • Gejala dari penyakit prurigo ini adalah kulit memerah, panas, gatal dan mengeluarkan bintik.
  • Kulit terasa melepuh dan berisi cairan tertentu. Jika digaruk akan cepat menyebar ke bagian kulit yang lainnya.

2. Karena reaksi alergi

Ada banyak sekali penyebab alergi kulit yang dapat menyebabkan timbul rasa gatal dan kulit meruam dan memerah. Seperti karena gigitan serangga, alergi karena makanan tertentu, karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dll.

Selain itu, alergi kulit yang diikuti rasa gatal juga disebabkan oleh lingkungan sekitar. Seperti karena debu dan yang lainnya. Biasanya alergi ini dapat menyebabkan gatal pada hidung dan mata selalu berair.

3. Gigitan serangga

Yang pertama adalah karena tungau. Ini biasanya sering terjadi pada bagian ketiak dan organ kemaluan, jari tangan, pergelangan tangan dan yang lainnya. Ada juga gatal yang disebabkan karena kutu yang menjangkiti rambut.

Ada sebagian orang yang mengalami gatal alergi yang disebabkan karena bulu kucing, bulu anjing, gigitan nyamuk dan hewan-hewan lainnya. Untuk itu, Anda diharuskan segera mengatasi permasalahan gatal pada kulit dengan optimal.

4. Kulit kering

Kulit yang mengalami kekeringan juga menjadi penyebab timbulnya rasa gatal. Biasanya jenis gatal ini tidak diikuti oleh ruam dan kulit memerah. Faktor penyebab dari kulit kering tersebut dikarenakan lingkungan, kurang lembab, sering terkena AC dan yang lainnya.

5. Menderita penyakit dalam

Ada beberapa penyakit dalam yang juga menjadi penyebab timbulnya gatal pada kulit. Seperti leukimia, gangguan tiroid, hepatitis, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, limfoma, gangguan hati dan celiac. Rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit dalam ini biasanya akan menyerang semua tubuh tanpa adanya ruam.

6. Ibu hamil

Biasanya rasa gatal pada masa kehamilan muncul di bagian paha dan perut. Ini merupakan hal biasa yang sering dialami oleh ibu yang sedang hamil. Biasanya rasa gatal pada ibu hamil ini tidak diikuti oleh ruam dan memerah karena gatal tersebut memang sudah biasa.

7. Gangguan saraf

Penyebab rasa gatal yang berikutnya adalah karena terjadinya gangguan saraf, seperti diabetes, herpes dan sklerosis.

Itulah beberapa penyebab gatal yang sering dialami oleh seseorang. Segera atasi atau konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami gatal yang tidak biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s