Tips Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecahPada umumnya kulit itu agak tebal, namun berbeda dengan kulit yang terdapat pada bibir. Kulit bibir itu sangat tipis sehingga bisa nampak jelas pembuluh darah yang terdapat didalam bibir manusia. Dengan tipisnya kulit bibir tersebut maka perubahaan suhu sedikit saja akan membuat bibir cepat kering. Dan jika kulit bibir tersebut tidak dirawat dengan baik maka akan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah membuktikan bahwa bibir kekurangan kelembaban. Dan hal itu bisa menghilangkan pesona kecantikan. Situasi ini bisa menimpa Anda disebabkan oleh angin, suhu, iklim, dehidrasi, serta perawatan kecantikan yang tidak pas.

Sebenarnya bibir manusia itu itu tidak memiliki kelenjer minyak sehingga tidak bisa menghasilkan keringat untuk menjaga kelebaban bibir itu sendiri. Jadi diperlukan perawatan yang khusus agar bibir tetap lembab dan segar.

Keadaan bibir yang kering itu disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah seringnya terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sinar ultraviolet pada matahari itu bisa menyebabkan bibir tidak lembab dan akhirnya pecah-pecah. Warna bibir juga akan berubah menjadi kusam pada bagian atasnya. Selain itu ada juga faktor keturunan, alergi, sering dibasahi dengan ludah dan penyebab lainnya.

Di antara langkah-langkah untuk menangani bibir kering dan pecah-pecah yaitu menggunakan pelembab bibir, namun apakah pelembab bibir yang Anda pakai sudah aman, tidak mengandung bahan kimia, atau justru tambah mengakibatkan kerusakan kulit bibir Anda ? Oleh karena itu berpindahlah ke perawatan yang alami yang tidak mengandung bahan kimia serta tanpa efek samping.

Di bawah ini tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Madu

Salah satu manfaat madu adalah sebagai pelembab alami yang sangat baik. Madu membantu pengelupasan kulit serta mengganti dengan sel-sel kulit baru yang bikin kulit lebih sehat. Anda bisa mengoleskan madu ini pada bibir secara merata dan ketika sudah kering bersihkan dengan air hangat.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa melembabkan bibir kering dan pecah-pecah. Serta dapat mengembalikan warna alami bibir yang berwarna merah. Poleskan beberapa tetes minyak di bibir Anda, 3 kali sehari. Minyak kelapa akan menjadikan bibir lembab, lembut dan lentur.

3. Mentimun

Mentimun ini selain bagus untuk kecantikan kulit juga bisa melembabkan bibir. Leburkan atau blender mentimun, Usapkan cairan juice pada bibir. Bibir dengan gampang akan menyerap juice mentimun yang melembabkan serta menenangkan kulit. Kerjakan berapa kali dalam 1 minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga berguna untuk menangani kulit kering serta pecah-pecah. Campurlah satu sendok teh minyak zaitun serta sedikit gula pasir. Oleskan campuran tersebut pada bibir serta diamkan 10 menit, basuh dengan air hangat. Tidak hanya melembutkan, bibir dapat terlihat sehat bersinar.

5. Air putih

Minum air putih 8 gelas sehari ( sesuai saran dokter kesehatan ), kekurangan cairan / dehidrasi bisa bikin bibir kering dan pecah-pecah. Dengan banyak meminum air putih juga akan memerahkan bibir dengan cepat.

Dengan perawatan alami yang tepat maka bibir kembali sehat serta cantik. Dengan bibir yang cantik makan akan membuat kita tersenyum lebar.

Hindarilah beberapa hal yang dapat membuat kulit bibir kering karena itu akan membuat warnanya tampak kusam dan tidak merah merona lagi. Salah satunya adalah rokok. Rokok mengandung nikotin dan tar yang sangat membahayakan bagi tubuh, termasuk juga bibir. Asap yang keluar masuk dari mulut itu dapat menyebabkan bibir berwarna kusam dan tidak segar lagi.

Begitu juga kopi yang mengandung kafein didalamnya dapat mempengaruhi perubahan warna pada bibir. Bila sering merokok dan minum kopi maka bibir akan cepat kering dan mudah pecah-pecah. Jadi sebaiknya anda hindari keduanya.

Pola hidup sehat juga mempengaruhi terhadap kesehatan bibir kita. Bila asupan gizi dan nutrisi pada tubuh tercukupi maka bibir juga akan nampak segar dan tentunya bibir berwarna merah merekahnya. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan agar kulit bibir terus terjaga kelembabannya. Jika terpaksa beratifitas di luar ruangan yang terkena sinar matahari maka pakailah sunblock tabir surya agar bibir bisa terlindungi dan aman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s